Masjid
 
Kaligrafi Nama AllahLogo Situs Keluarga ilma95
Home
 ~  Home
 | 
Pedoman Shalat
Pedoman Shalat
 | 
Ilmu Tajwid
Ilmu Tajwid
 | 
Pojok Anak
Pojok Anak
 | 
Kumpulan Artikel
Artikel
 | 
Lagu Rancak Ranah Minang
Lagu Rancak
Ranah Minang
 | 
Cerdas Cermat Islami
Cerdas Cermat Islami
 | 
Edukasi
Edukasi
 ~ 
 

Translate this page to :  

Alhamdulillah, akhirnya Pedoman Shalat ini bisa juga penulis selesaikan.
Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah SAW, keluarganya dan para sahabatnya.

Penulis sangat menyadari bahwa karena masih terbatasnya pengetahuan penulis, maka Pedoman Shalat ini masih jauh dari sempurna. Walaupun demikian, maka sesuai dengan judulnya, mudah-mudahan tetap bisa dijadikan pedoman dan sekaligus juga bisa memperluas wawasan kita tentang tata cara shalat sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, sebagaimana sabda beliau:

# “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

# “Barangsiapa beramal suatu amalan yang tidak ada petunjuk dari kami, maka amalan itu ditolak.” (HR. Muslim).

Pedoman Shalat ini penulis persembahkan untuk istri penulis, Ema Malini, dan anak-anak penulis, Fadhil Ilma, Ihsan Ilma & Salsabila Saumi Ilma, sebagai salah satu perwujudan dalam memenuhi perintah Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

# “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;….” (QS. At-Tahriim: 6)

# "Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya…." (QS. Ath-Thaha: 132)

# "Perintahkanlah anak-anakmu mengerjakan shalat apabila mereka sudah berumur 7 tahun, dan pukullah mereka kalau mereka meninggalkannya apabila umur mereka sudah sampai 10 tahun." (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Hakim)

Dengan adanya Pedoman Shalat ini, maka mudah-mudahan keluarga penulis bisa menjalankan perintah shalat dengan lebih baik dan sesuai dengan tata cara shalat Rasulullah SAW.

# “Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali dihisab pada Hari Kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya baik, maka ia berbahagia dan selamat. Dan apabila shalatnya rusak, maka ia akan celaka dan merugi” (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasa’i)

Pedoman Shalat ini juga penulis persembahkan bagi anak-anak dan remaja di lingkungan Perumahan Citramas Indah, Batu Besar, Batam yang setiap hari Minggu Shubuh senantiasa bersemangat menghadiri Program Pendidikan Shubuh yang diselenggarakan atas kerjasama antara Seksi Pendidikan Masjid Al-Muhajirin dengan Ikatan Remaja Masjid Al-Muhajirin.

Dan juga bagi Umat Islam yang berkeinginan untuk memperbaiki kualitas shalatnya.

Erman
Batam, 06 Desember 2005